Rabu, 20 Maret 2013

Ringkasan Kotbah GMS Balikpapan, 3 Maret 2013


Ringkasan kotbah Ibadah Raya Sore, 3 Maret 2013                                                          
Words of GOD by Ps. Johnlie S.N

Sebelum menjelaskan isi kotbah untuk ibadah raya sore, terlebih dahulu Ps. Johnlie memberikan ringkasan kotbahnya pada ibadah raya pagi. Beliau menjelaskan tema kotbah untuk ibadah raya pagi adalah 5 alasan mengapa keluarga tidak bahagia, sedangkan untuk ibadah raya sore ini beliau akan menjelaskan tentang 4 poin membangun keluarga yang bahagia.

5 alasan mengapa keluarga tidak bahagia

1.      Salah mendefinisikan tentang kebahagiaan
Banyak orang mengira bahwa dasar kebahagiaan adalah memiliki uang berlimpah, pekerjaan terbaik, mobil bagus dan rumah mewah. Tetapi dasar kebahagiaan sejati hanya ada di dalam Tuhan Yesus Kristus. Ketika kita mengenalNYA, itulah kebahagiaan yang sejati.

2.      Berumah tangga dengan motivasi dan alasan yang salah
Ketika seorang hakim hendak menjatuhkan putusan hukum untuk seorang terdakwa maka lebih dahulu hakim tersebut akan menyelidiki motivasi dan alasan apa yang dimiliki terdakwa dalam kasus kejahatannya. Motivasi dan alasan ini sangat mempengaruhi seberapa besar hukuman yang akan diterima sang terdakwa. Dalam kehidupan berumah tangga, motivasi dan alasan juga sangat mempengaruhi kebahagiaan. Misalnya saja seorang gadis menikah karena menginginkan ada seseorang yang selalu bisa mengantar jemput kemanapun si gadis pergi. Kalau alasannya seperti ini lebih baik dia mencari tukang ojek saja. Karena itu bangunlah rumah tangga dengan motivasi dan alasan yang benar.

3.      Menikah dibangun atas dasar kepercayaan yang salah
Misalnya saja menikah atas dasar horoskop (zodiak). Si gadis zodiaknya cancer dan dia memilih pria yang berzodiak pisces agar rumah tangganya bahagia. Tentu saja ini salah kaprah. Pernikahan harus dibangun atas dasar saling mengasihi dan saling mengerti.

4.      Salah memilih orang
Banyak orang yang tidak bahagia karena salah memilih pasangan hidup. Banyak yang pada waktu single sangat diberkati tetapi setelah menikah ekonominya hancur gara-gara salah memilih pasangan hidup. Firman Tuhan berkata bahwa terang dan gelap tidak bisa bersatu. Ini adalah Hukum Tuhan, jangan sampai kita berani melanggarnya dan menabraknya atau kita yang tanggung resikonya.

5.      Kebahagiaan sejati hanya datang dari Yesus
Banyak yang tidak mengerti tentang hal ini sehingga banyak yang tidak mengalami kebahagiaan sejati dalam keluarganya. Landasan kebahagiaan sejati hanyalah Yesus Kristus.

Sekarang kita akan masuk pada poin-poin penting di ibadah raya sore ini.
4 poin membangun keluarga yang bahagia

1.      Harus berani menerima perbedaan-perbedaan yang ada (Kejadian 1:27)
Pria dan wanita, dari bahan membuatnya saja sudah berbeda berarti segala sesuatunya juga berbeda. Karena itu kita harus berani menerima segala perbedaan yang ada.
Pria                  : lemah di mata, suka menganalisa, fokus pada 1 hal, butuh status (karir)
Wanita             : lemah di telinga, suka curhat/cerita, radar (fokus pada banyak hal), mementingkan relationship (hubungan/komunikasi)

2.      Menambah nilai pada pasangan
Ketika istri atau suami menyukai suatu hobi atau hendak melakukan suatu hal yang positif maka kita harus memberikan dukungan, jangan melemahkan. Berikan nilai lebih pada pasangan dengan dukungan, semangat dan kata-kata pujian pada pasangan kita.

3.      Menyelaraskan pikiran dan tindakan kita dengan Firman Tuhan (Mazmur 1:1-3)
Kalau kita ingin memiliki keluarga yang bahagia maka pikiran dan tindakan kita harus sesuai dengan Firman Tuhan. Hal ini hanya bisa kita dapatkan melalui Hikmat Tuhan. Hikmat Tuhan tidak sama dengan kepandaian/ kecerdasan/pengetahuan dunia. Hikmat Tuhan adalah ide-ide ajaib yang Tuhan berikan bagi kita.

4.      Penuhi kebutuhan pasangan kita
Ini bukan hal yang mudah tetapi kita harus berusaha untuk memperjuangkannya.
Kebutuhan wanita       : 5 D (Dicintai, Diperhatikan, Didengar, Dimengerti, Ditemani)
Kebutuhan pria           : Dihormati

Ketika kita belajar untuk mempraktekkan poin-poin di atas maka kita akan memiliki keluarga yang bahagia. Memang tidaklah instan dalam 1 malam karena semua itu adalah sebuah proses.
GOD BLESS YOU ALL. (By Tety Yulanda)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar