Senin, 10 Juni 2013

Tabut TUHAN

Ringkasan Kotbah GMS Balikpapan,  9 Juni 2013
Words of God by Pdt. Paulus Azarya (Tuban)

TABUT TUHAN

Tabut Tuhan adalah lambang dari Hadirat Tuhan/ Kehadiran Tuhan/ The Presence of God.
Di dalam 2 Samuel 6:1-12 diceritakan kisah tentang Tabut Tuhan yang dipindahkan ke Yerusalem setelah Tabut tersebut dirampas oleh Bangsa Filistin.
Raja Daud berinisiatif membawa Tabut ke Yerusalem dengan menggunakan kereta yang baru.
Di dalam Taurat dijelaskan bahwa tata cara membawa Tabut harus diusung oleh orang-orang Lewi, tidak boleh menggunakan kereta sekalipun dengan kereta yang baru.
Hal ini tidak diperhitungkan oleh Raja Daud sehingga terjadi insiden Tuhan menyambar Uza dan Ahyo yang mencoba memegang Tabut pada waktu kereta tergelincir. Sehingga mereka berdua mati dengan tragis. Sekalipun yang dilakukan Uza dan Ahyo ini kelihatannya baik tetapi rupanya Tuhan tidak berkenan.
Apa yang menurut kita baik ternyata belum tentu baik di pemandangan Tuhan.

Karena insiden tersebut Raja Daud tidak berani membawa Tabut ke Yerusalem, ia malah menyimpang ke rumah Obed-Edom, orang Gat itu untuk meletakkan Tabut Tuhan disana.
Sekalipun ‘benda ini berbahaya’ tetapi Obed-Edom mau menerima Tabut Tuhan. 
Obed-Edom harus setia menjaga pelita/ nyala api di depan Tabut setiap pagi dan sore hari setiap hari. Karena hal ini merupakan perintah dari Hukum Taurat Musa. Obed-Edom setia melakukannya bahkan sampai 3 bulan lamanya. Karena itu Tuhan memberkati Obed-Edom dan seisi keluarganya karena Tabut Tuhan tersebut.

Disini ada hal yang menarik tentang Obed-Edom. Di Alkitab berulang kali disebutkan bahwa Obed-Edom ini adalah orang Gat. Kota Gat adalah salah satu kota wilayah Bangsa Filistin yang merupakan musuh bebuyutan Bangsa Israel.
Normalnya orang ini bukanlah orang yang diperhitungkan.
Obed-Edom bukanlah orang yang berpotensi untuk menerima berkat dari Allah YAHWEH tetapi Tuhan sanggup mengubah apa yang mustahil bagi manusia menjadi sebuah kenyataan yang ajaib dan indah.
Jadi apapun kondisi kita saat ini, jangan takut dan jangan menyerah.
Tetap pandang Kristus dan tetaplah setia kepadaNya.
Asal ada Tuhan dalam hidup ini maka impossible is nothing.

Referensi
(tidak ada di Alkitab, hanya merupakan tradisi Bangsa Yahudi)
Berkat yang diterima Obed-Edom ini ternyata sungguh luaarrrrr biaassaaaa…istilahnya cetar membahana gitu ^_^ karena setiap bulan selama 3 bulan istrinya (1 istri) melahirkan anak berturut-turut.
Normalnya seorang wanita baru bisa melahirkan setelah kandungannya berusia 9 bulan, tetapi Tuhan membuat hal yang ajaib dengan mempercepat usia kandungan istri Obed-Edom yang hanya 1 bulan bisa langsung melahirkan dengan sehat dan normal.
Belum lagi ditambah berkat financial yang berkelimpahan yang diterima oleh Obed-Edom.
Ini benar-benar berita yang menggemparkan, sampai-sampai telinga Raja Daud sendiri mendengarnya.
Sebuah berita baru bisa sampai ke telinga seorang Raja jika berita tersebut adalah berita yang luar biasaaaa dan menghebohkan.
Dan semua anak-anak Obed Edom ini adalah Pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa 
(1 Tawarikh 26:4-6).

26:4 Obed-Edom mempunyai anak-anak, yakni Semaya, anak sulung, Yozabad, anak yang kedua, Yoah, anak yang ketiga, Sakhar, anak yang keempat, Netaneel, anak yang kelima, 26:5 Amiel, anak yang keenam, Isakhar, anak yang ketujuh dan Peuletai, anak yang kedelapan, sebab Allah telah memberkati dia.  26:6 Bagi Semaya, anak Obed-Edom itu, lahir anak-anak. Mereka memegang pemerintahan di antara puak mereka, sebab mereka itu adalah pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa”.

Ini adalah dampak dari kehadiran Tuhan.
Asalkan ada Tuhan dalam hidup kita, maka yang pahitpun akan menjadi manis, yang berat akan menjadi ringan dan yang buruk akan menjadi indah.

HALLELUYAH….PRAISE JESUS  ^_^

GOD BLESS YOU ALL


By Tety

Tidak ada komentar:

Posting Komentar