Selasa, 09 April 2013

Ringkasan Kotbah GMS Balikpapan, 7 April 2013


RINGKASAN KOTBAH IBADAH RAYA PAGI, 7 APRIL 2013
WORDS OF GOD BY PS. JOHNLIE S N

3 CIRI HAMBA YANG BAIK & SETIA

Firman TUHAN itu Ya dan Amin. Siapapun yang menyampaikan Firman itu tidak menjadi soal, yang paling penting kita harus rendah hati menerimanya.
Hari ini semua jemaat akan deklarasi persepuluhan. Kita harus memiliki pola pikir yang benar tentang persepuluhan. Yang benar adalah mengembalikan persepuluhan bukan mempersembahkan persepuluhan karena persepuluhan itu adalah milik TUHAN. Bahkan semua yang kita miliki itu adalah milik TUHAN, kita hanyalah seorang pengelola bukan seorang pemilik. Karena itu ketika kita kehilangan sesuatu yang bahkan sangat berharga sekalipun kita tidak berhak kecewa dan marah terhadap TUHAN karena semua milik TUHAN. TUHAN yang memberi dan TUHAN jugalah yang berhak mengambil, terpujilah nama TUHAN.

Bulan April ini adalah bulan melayani (Month of Servolution) karena itu persiapkan hati dan hidup kita untuk melayani TUHAN sepenuh hati. Kalau kita belum menemukan panggilan kita maka kita harus tanya TUHAN apakah panggilan sejati kita. Di dalam rumah TUHAN tidak boleh ada pengangguran karena itu jangan malas untuk berjuang menemukan panggilan kita dan ketika kita sudah menemukannya, maka kita harus setia melakukannya untuk TUHAN.
Melayani TUHAN tidak boleh memiliki motivasi ingin diberkati tetapi melayani TUHAN itu karena kita CINTA kepada TUHAN. CINTA sanggup melakukan hal-hal yang ajaib.
Hidup ini singkat dan hidup ini hanya sekali karena itu hiduplah dengan luar biasa. Pergunakan waktu yang ada dengan bijaksana sebelum segalanya terlambat.

Sekarang mari kita masuk poin utamanya. Buka Kitab Matius 25:14-30. Dalam perikop ini dijelaskan tentang hamba yang jahat+malas dan hamba yang baik+setia.
Setiap kita adalah hamba dihadapan TUHAN. Jangan ada yang sombong, semua hanyalah anugerah.
Hamba yang baik dan setia adalah hamba yang mengasihi Tuannya. Bukti kasih itu adalah ‘do something’ untuk Tuannya. Dan Tuan kita adalah YESUS KRISTUS yang harus kita layani segenap hati. DIA sudah memberikan talenta kepada kita masing-masing untuk kita kerjakan dan kembangkan. Dan jumlah serta kapasitas talenta yang DIA berikan itu berbeda antara yang seorang dengan yang lainnya karena TUHAN melihat kesanggupan masing-masing orang berbeda. Karena itu kita tidak boleh ngiri dengan talenta orang lain. Kerjakan saja yang TUHAN percayakan dalam hidup kita dengan setia.
Lalu apa saja ciri-ciri hamba yang baik dan setia itu???
Mari kita bahas satu persatu dan belajar melakukannya untuk TUAN kita YESUS KRISTUS.

3 Ciri Hamba yang Baik dan Setia adalah 3 M, yaitu :
1.      Melakukan sesuatu (ayat 16)
Hamba yang baik dan setia adalah hamba yang ketika mendapatkan perintah dari tuannya langsung menjalankan perintah itu dengan passion.
Yang namanya baik dan setia itu tidak pasif tetapi aktif sekalipun harus menembus batas kemampuannya.
Hanya orang-orang yang aktif dan agresif yang rohnya menyala-nyala.
Pasif hanya akan membuat hidup kita tumpul dan lamban.
Orang pasif adalah orang yang membatasi pertumbuhan hidupnya. Jadilah seorang hamba yang aktif melakukan sesuatu untuk TUAN kita.

2.      Menghasilkan sesuatu (ayat 16-17)
Hamba yang baik dan setia bukanlah orang yang merasa cepat puas tetapi orang yang melipatgandakan setiap kepercayaan yang diberikan oleh tuannya. Ada sesuatu yang ia hasilkan untuk tuannya.
Temukan panggilanmu dan kembangklan untuk Kerajaan Sorga.
Jadilah orang-orang yang menguntungkan Kerajaan Sorga.

3.      Menerima promosi (ayat 21-23)
Bonus dari poin 1 dan 2 adalah poin 3 ini (promosi).
Promosi dekat dengan orang-orang yang baik dan setia.
Ingat, promosi hanyalah bonus. Fokus utama adalah menyenangkan YESUS.



Terima kasih dan TUHAN YESUS MEMBERKATI.
By Tety

Tidak ada komentar:

Posting Komentar