Senin, 13 Mei 2013

Ringkasan Kotbah



Ibadah Raya Sore GMS Balikpapan, 12 Mei 2013
Preacher By Ps. Johnlie S N

Ibu yang berdoa

Minggu ini adalah minggu kedua di bulan Mei. Minggu kedua ini bertepatan dengan perayaan Mother’s Day/ Hari Ibu. Ada banyak orang yang bertanya mengapa Hari Ibu dirayakan pada minggu kedua di bulan Mei ini, karena di Indonesia Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Memang alasan tersebut benar tetapi perayaan tanggal 22 Desember adalah perayaan Hari Ibu secara Nasional, sedangkan minggu kedua bulan Mei adalah perayaan Hari Ibu secara Internasional.
Karena bertepatan dengan momen spesial ini, kotbah yang disampaikan Ps. Johnlie pun juga tentang seorang Ibu.
Kali ini Beliau akan membahas kisah seorang wanita Siro Fenisia yang gigih memperjuangkan kesembuhan anaknya.
Mari kita membuka Matius 15:21-28.
Poin-poin penting apa saja yang dapat kita peroleh dari ayat-ayat di atas?????
1.      Kegigihan
Wanita ini bukan orang Israel tetapi dia nekat meminta pertolongan kepada Tuhan Yesus yang adalah seorang Israel.
Anehnya mengapa wanita ini begitu gigih meminta pertolongan kepada orang yang berbeda kebangsaan dengan dirinya.
Seolah-olah di dalam hatinya ada sebuah keyakinan bahwa yang bisa menolongnya hanya Tuhan Yesus sekalipun dia belum melihat mujizat.
Wanita ini tidak mempedulikan apapun, yang dia pedulikan hanya Yesus.
Keren banget wanita ini, dia memiliki iman yang luaaarrrr biasaaaa sekali.
Iman inilah yang menyentuh hati Yesus. Iman yang tangguh dan tidak gampang menyerah.
Kisah ini memberikan gambaran kepada kita bahwa seorang Ibu tidak akan berhenti untuk memperjuangkan yang terbaik bagi anaknya. Ibu tidak akan menyerah berdoa dan memberikan hal terbaik bagi anaknya sekalipun semua terlihat mustahil.
Mari kita memberikan penghargaan dan penghormatan terbaik bagi Ibu kita.

2.      Penolakan
Wanita ini mengalami penolakan dari Tuhan Yesus tetapi dia tidak menyerah.
Dia terus ngotot dan ngeyel meminta pertolongan Tuhan. Inilah naluri seorang Ibu yang tidak akan pernah menyerah melakukan yang terbaik bagi anaknya.
Seringkali Ibu juga mendapat penolakan dari kita anaknya. Seringkali ketika Ibu meminta waktu bersama kita, kita malah menolaknya dengan alasan sibuk atau malah menggunakan pelayanan sebagai alasan kita. Jangan lakukan hal itu lagi, Ibu adalah kado terindah dari Bapa bagi kita. Karena seorang Ibu kita bisa lahir ke dunia ini.
Ketika seorang Ibu mengalami penolakan, yang dilakukannya hanyalah berlutut dan berdoa kepada Tuhan, memperjuangkan segala perkaranya di hadapan Tuhan.

3.      Menerobos
Wanita ini sudah tahu bahwa dirinya ditolak tetapi dia dengan gigihnya terus menerobos penolakan tersebut.
Dia tahu bahwa perjuangannya tidak akan menjadi sia-sia.
Dia seolah-olah telah melihat mujizat bagi anaknya, karena itu dia tidak menyerah untuk menerobos tembok kemustahilan.
Banyak Ibu yang berhasil menerobos tembok kemustahilan karena kekuatan cinta mereka yang begitu besar bagi anak-anaknya.
Cinta sanggup melahirkan hal-hal yang ajaib.

4.      Rendah hati dan sabar
Tuhan Yesus kesannya kejam banget karena tega menyamakan wanita ini dengan anjing. Tapi anehnya wanita ini tidak tersinggung dan malah menjawab dengan kata-kata yang penuh kerendahan hati. Padahal seorang wanita itu dominan di dalam perasaan tetapi wanita ini tidak tersinggung dan marah mendengar kata-kata Tuhan yang terkesan kejam tersebut. Wanita ini berhasil menjaga hatinya tetap sabar dan rendah hati.
Buah dari kesabaran dan kerendahan hatinya inilah yang melahirkan mujizat kesembuhan bagi anaknya.
Teladanilah kerendahan hati dan kesabaran wanita ini. Jangan mudah marah dan tersinggung dengan kata-kata kasar atau perlakuan buruk dari orang-orang disekitar kita.
Minta Roh Kudus menjaga kemurnian hati kita.

Kisah di atas hanyalah salah satu contoh kasih seorang Ibu terhadap anaknya. Di dunia ini begitu banyak contoh kasih seorang Ibu bagi anak-anaknya. Sejak pagi sampai malam Ibu tidak pernah mengeluh mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan menyiapkan segala keperluan kita. Ibu dengan tulusnya melakukan segala yang terbaik bagi kita.
Jangan berkata dan bertindak kasar kepada Ibu kita. Jadilah anak yang membuat Ibu meneteskan air mata kebahagiaan dan bukan air mata kesedihan .

HAPPY MOTHER’S DAY
GOD BLESS YOU

By Tety ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar